COSPLAY EVENT : MY COMPILATION


cosplayer compilation

wah keren keren yah

COSPLAY EVENT : MY COMPILATION

Tak terasa sudah setahun saya kecanduan menghadiri event Cosplay di kota Surabaya ini. Banyak cerita yang terselip di dalamnya. Penilaian saya tentang Cosplayer sedikit banyak pun berubah. Semula saya menganggap Cosplayer ibarat dewa atau sosok yang cool. Sekarang semua orang bisa menjadi Cosplayer dengan semakin mudah dan instant tentunya. Tapi saya percaya faktor niat dan profesionalitas (juga kreatifitas) akan menentukan mana “Cosplayer Sejati” itu.
Baiklah akan saya bahas event-event yang pernah saya hadiri sejauh ini :

– JK FEST (JAPANESE- KOREA FESTIVAL – 25 MEI 2015 – BG JUNCTION)

jk fest compilation photo

jk fest compilation photo

Event pertama saya (diajak Mas Ben). Event ini merupakan gabungan antara Jepang dan Korea. Lombanya kalau Korea sih pastinya Dance Cover atau Song Cover. Kalau Jepang sih ya hampir sama kayaknya cuma ada Cosplay dan tanpa Dance Cover. Ini pertama kalinya saya terpukau dengan yang namanya Cosplay. Keren keren ya ternyata. Foto yang berhasil saya dapatkan antara lain Boruto, Sena (Eyeshield 21), Kakashi, Samurai, Kamen Rider dll. Yang paling berkesan sih yang Kakashi.. tinggi bener orangnya.. cocok banget sama tinggi Kakashi. Juga pada cosplayer Boruto, kecil kecil imut banget deh.

– ??? (lupa ?? – BG JUNCTION – 6 SEPTEMBER 2015)

compilation of unknown event cosplay

masih polos gaya kita

Jujur, saya dan Ben hadir ke event ini secara mendadak setelah diberitahu oleh kak Ahmad Khaidir Gilang, anggota UNO STAR (Local K-pop boyband). Wah lumayan nih bisa foto foto lagi. Dapat foto dengan Legend of Dragoon, Kakashi Anbu, Kuroko no Basket, dll.

SURABAYA JAPANESE FESTIVAL ( BG JUNCTION – 10 JANUARI 2016)
Hmm…kok BG Junction terus… iya saya milih event yang nggak jauh jauh secara mall ini juga dekat dengan rumah saudara saya… sekalian mampir. Pertama kalinya di event ini saya menggunakan alat bantu baru yaitu Tongsis, memungkinkan saya mengambil foto selfie dengan pas dan ideal. Di event ini juga pertama kalinya saya melihat stand stand yang berjualan pakaian ataupun aksesoris anime. Saya membeli gantungan kunci Itachi dan Killua yang masih menggantung di tas saya hingga saat ini. Event ini menyimpan suatu kejutan karena ada cosplayer yang berperan sebagai Black Magician (wow keren), secara saya adalah fans Yugioh series. Juga ada yang bercosplay sebagai Kurapika yang kawaii abis. Juga ada mbak Sanji yang macho banget gayanya. Oh ya lupa Cosplay Stage Performance nya.. mantap dan tak bisa dilupakan sampai sekarang.

IKUTI SURVEY EVENT JEJEPANGAN DISINI

SURABAYA NIHON MATSURI – CLASH 2016 (SURABAYA TOWN SQUARE – 7 FEBRUARI 2016)

Event yang paling megah dan paling berkesan hingga saat ini. Rangkaian acara yang menarik, stand makanan yang bisa menjebol iman saya dan betapa banyaknya cosplayer yang keren-keren. Di event ini untuk pertama kalinya saya kopdar dengan duelist Yugioh bernama Eko Kristiawan yang dikenal sebagai Infernity Master. Mengenai cosplayernya, yang memancing perhatian saya adalah Soma (God Eater), Zero (Megaman), Satoshi (Pokemon), Tifa (FF VII) dan Judai Yuki. Penyesalan saya saat itu adalah tidak bisa berselfie dengan Judai Yuki (nungguin dia selesai nonton Stage Performance maksudnya, ternyata hilang deh).

  • NORTON COSPLAY COMPETITON (TUNJUNGAN PLAZA – 28 FEBRUARI 2016)
    Kembali di event ini saya bertemu dengan Mas Eko. Salah satu event dengan tata letak panggung terburuk (menurut saya). Terkesan sempit dan bagaimana gitu. Menurut saya event ini sengaja diadakan untuk menarik animo masyarakat sebanyak-banyaknya (terutama pecinta anime). Semakin banyak pengunjung, maka semakin besar ada peluang transaksi. Mengenai cosplayernya, jujur kali ini standar (pendapatku). Yang bisa membuat saya berkesan adalah Chaos Buto yang mirip mirip Predator dan Sasuke yang cool banget dengan chidori-nya.

YAMAHA TOYS FAIR (BG JUNCTION – 3 APRIL 2016)
Event barusan yang saya hadiri. Terkesan spesial karena disini saya menjadi cosplayer karbitan, bermodal wig dan boneka yang disewa dari Meiru Hamu. Sayangnya event ini juga menampilkan tata letak panggung yang relatif buruk menurutku. Pengalaman spesial karena ada juga yang minta foto saya (3 kali kurasa, hehe). Mengenai cosplayernya yang keren menurutku Cardcaptor Sakura dan Kagome (maaf ya mbak Ichigo Bankai, wkwkwkwkk).

Event kesekian kalinya yang saya hadiri. Bertabur banyak stand. Sayangnya cuaca panas membuat saya (termasuk kebanyakan cosplayer) membuat malas bergerak. Mengenai jalannya event, sangatlah menarik. Oleh oleh dari stand ini yaitu topeng Kakashi Anbu seharga 150 ribu dan gantungan kunci Hunter X Hunter yang cute abis.

  • ANIME CULTURE – ANICULT SURABAYA (TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA – 29 MEI 2016)
    imageSalah satu event jejepangan terbesar se Indonesia. Bertabur bintang tamu cosplayer internasional seperti King, Sakuya, Baozi-Hana dll. Oh ya di event ini saya bercosplay sebagai Judai Yuki loh, meski hanya satu orang yang minta foto, tapi itu bukanlah hal penting. Yang terpenting adalah bisa selfie selfie ria. Oleh oleh dari event ini adalah keychain Yugioh yang begitu keren.

Event yang digelar pada masa libur panjang sekolah sekaligus lebaran. Tentunya hal ini banyak menarik anak anak muda untuk menghadiri event ini. Event untuk memperingati ulang tahun komunitas Surabaya Otaku Community ini berlangsung secara sederhana. Namun justru dari kesederhanaan itulah lahir keceriaan dan semangat baru menghadapi masa sekolah lagi (kalau saya sih Senin nya udah masuk kerja lagi). Sebagai catatan, tangan saya kembali gemeteran mengambil foto para cosplayer, khususnya cosplayer cewek.

Sekali lagi saya memutuskan untuk bercosplay disini. Dengan menjelma menjadi Judai Yuki karbitan yang cuek abis (sempat dinotice tapi saya tidak menggubris). Deck yang saya beli dari Yami Lx Schiffer pun saya bawa (proxy, saya ga sanggup beli ori). Jadilah Judai berselfie dengan kartu kartu Yuma. Mungkin di lain waktu saya akan pertimbangkan untuk membeli deck Masked Hero atau Evil Hero. Oh ya mengenai eventnya keren abis, meski jujur saya kecewa karena nihil pengunjung yang minta foto saya. Maklum lah anime lawas.

Satu satunya event cosplay dimana tak satupun saya berfoto dengan cosplayer, mungkin karena bosan. Event kali ini lebih ke lomba game, dan saya sendiri berkesempatan memainkan Dying Light, game zombie apocalypse dengan grafis sangat memukau.

Event perdana saya sebagai cosplayer Oraganization XIII. Kacau memang, tapi ya have fun aja. Juga akhirnya bisa berduel Yugioh melawan the real Judai Yuki cosplayer. Hasilnya ?? jelas menang saya berkat kartu kartu fake. Jangan ditiru ya .

Event cosplay yang kembali diselenggarakan oleh pihak universitas. Sempat ragu juga akan potensi hujan, beruntung hal itu tak terjadi. Di event ini merupakan event paling berkesan bagi saya karena banyak yang minta foto dengan saya serta cukup banyak yang menotice. Wow, kalian luar biasa.

Event cosplay akbar yang selalu dinanti setiap cosplayer tiap tahunnya. Tapi di tahun ini kelihatannya jauh dari ekspetasi. Masih layak untuk dinikmati, meski tak sebanding dengan HTM nya kurasa.

Hasil review dari kontributor Kumara. Pokoknya pecah deh.

Pertama kalinya tim A Diary of Minato berkumpul ya di event ini. Juga bertemu dengan cosplayer bernama Dimas yang hobi Yugioh juga ternyata.Oh hampir lupa, ada si sexy Lola Zieta loh. Wow aku padamu mbak !!!

Cosplay sekaligus bagi bagi kartu Yugioh dan juga mempromosikan komunitas COYS. Juga sekalian daftar turnamen Yugioh di Untag bulan April nanti.

Panas sih tapi ya mau gimana lagi. Aksi Dunia Naruto Indonesia selalu memukau seperti biasa. Juga COYS buka stan juga loh, dan saya tidak berkutik menghadapi kerasnya duel di sana. Wow.

Event menarik karena ada lomba henshin Kamen Rider nya dan juga ada lomba makan kacang Mayashi.

Kali ini saya lah yang jadi Judai Yuki. Wow tentunya sangat excited dong. Terus di event ini pula admin pertama kali ikut turnamen Yugioh.  Keren deh

Coba coba cosplay sebagai hooded Organization XIII dengan penutup wajah. Hasilnya saya lebih mirip dengan tim Masih Dunia Lain daripada Organization XIII. Properti berupa keyblade rupanya mutlak dibutuhkan.

Kali ini saya bercosplay sebagai Hooded Anbu plus properti berupa kunai yang semakin memperkeren penampilan saya. Kurang puas sih sebenarnya berburu cosplayer, karena lomba Yugioh nya kelamaan.

Itulah event event yang telah saya hadiri.Gotcha !!

Iklan