COSPLAY EVENT : CIPUTRA BUNKASAI (UNIV. CIPUTRA SURABAYA, 26 – 27 AGUSTUS 2017)


Kali ini kembali saya menghadiri cosplay event yang diadakan di wilayah Surabaya Barat. Jauh ya ? Tapi dekat sih kalau dari rumah saya (Benowo bung). Perlu kalian ketahui ini untuk pertama kalinya diadakan event jejepangan di Universitas Ciputra. Mungkin mereka ingin menarik animo para para wibu bahwa event bunkasai di Univ. Ciputra mampu bersaing dengan event event jejepangan di universitas lainnya.

Event berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu. Saya dan dua orang teman saya yaitu Kumara dan Arofah membuka stand disini. Bagi saya ini pengalaman pertama dalam berjualan di event jejepangan. Untuk sewa stand selama 2 hari dikenakan tarif 400 K dengan fasilitas 2 meja, 2 kursi dan aliran listrik dengan batasan 600 watt. Jual apa nih kak ? Saya dibantu Kumara berjualan kartu kartu Yugioh sementara Arofah menjual pernak pernik Totoro.

Di hari Sabtu, masih sedikit pengunjung yang berdatangan. Selain dikarenakan beberapa masih ada yang harus kerja/kuliah/ sekolah juga tidak ada jadwal lomba cosplay yang selalu menjadi magnet utama dalam event jejepangan dimanapun. Maka imbasnya dagangan tidak terlalu laku terjual. Yah mungkin hanya sekitar 5 – 10 item saja. Patut disyukuri apapun yang terjadi karena pengalaman tak bisa dinilai dengan materi.

Di hari Minggu, saya memutuskan untuk bercosplay sebagai Hooded Organization XIII untuk mencuri perhatian pengunjung agar datang ke stand. Dan hasilnya meningkat daripada hari pertama. Banyak juga yang penasaran apakah saya bisa melihat. Tentu saja bisa, karena kain hitam yang menutupi kepala saya bersifat melar. Jadi saya masih bisa melihat keadaan sekitar dengan jelas meskipun agak agak pusing setelahnya.

Cosplayer yang datang di UC Bunkasai ini antara lain Hatsune Miku, Organization XIII, Naruto (Stevie), Kakashi Anbu, Sasuke, Sarada, Boruto, Shinsengumi (Arisa), Kamen Rider Ichigo, Himura Kenshin, Makoto Shisio, Ruby (Reno), Heicho Levi (Ivan), dll. Jujur saya merasa cosplayer yang hadir terbilang sedikit bila dibandingkan event event jejepangan universitas pada umumnya. Mungkin masih terbilang event baru dan juga ada event jejepangan di Lamongan dan Malang sehingga konsentrasi massa terpecah antara ketiga tempat tersebut.

Berikut ini saya sampaikan kelebihan dan kekurangan terkait pelaksanaan UC Bunkasai :

KEKURANGAN :

  • Minim promosi dan sosialisasi tentang penyelenggaraan event (terutama lokasi).
  • Rundown yang cenderung melenceng dari jadwal.
  • Tata letak stand dan panggung kurang menarik dan minim akan dekorasi.

KELEBIHAN :

  • Kinerja panitia yang mobile terutama dalam hal mengumpulkan sampah sampah patut diapresiasi.
  • Bintang tamu yaitu Akiba Street dan Catch Sangadji sangat keren menurut saya. Terutama saat menyanyikan lagu lagu ost anime lawas. Juga aksi performa lomba J Song yang keren terutama bagi yang menyanyikan lagu We Are – One Piece.



Foto foto terkait :

Nah sekian review saya tentang Ciputra Bunkasai. Masih ada waktu untuk memperbaiki kualitas event di tahun depan. Seperti kata Kumagaya Goro “Start yang terlambat untuk apa disesali “. Sampai jumpa dan terima kasih.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Cosplay dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s