​COSPLAY EVENT : ACOLYTES  (TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA, 28 – 30 JULY 2017)


​COSPLAY EVENT : ACOLYTES  (TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA, 28 – 30 JULY 2017)

Akhirnya setelah vakum kurang lebih dua bulan, akhirnya artikel cosplay event kembali terbit. Seharusnya sih awal July sudah mulai membahas kembali event cosplay, tepatnya yaitu event Panniversary di BG Junction Surabaya. Namun tak disangka admin mendadak terkena sakit punggung dan pinggang sehingga harus skip event tersebut. Nah mengenai event Acolytes ini sendiri sudah disosialisasikan sejak lama bahkan sebelum hari raya Idul Fitri. Skema pre order tiket sudah dirilis akhirnya menggugah admin yang kala itu masih dalam keadaan full tank (THR sudah masuk) untuk tak ragu membeli tiket VIP. Tiket VIP dari Acolytes ini sendiri meliputi bundling 3 hari Tiket Masuk + Meet and Greet dengan salah satu guest cosplayer. Nah, admin memilih untuk mengikuti Meet and Greet dengan Ying Tze.

Admin menghadiri event Acolytes pada dua hari yaitu Sabtu dan Minggu. Di hari Sabtu nya tentu saja admin datang sepulang kerja. Ya kira kira pukul 17.30 admin tiba di lokasi. Setelah menukarkan bukti pembayaran dengan tiket maka admin segera menuju lokasi event. Admin sempat bingung mencari handphone, yang ternyata tertinggal di loket masuk tadi (panitia tadi mengecek via WhatsApp message). Wah untung saja ya. Dan setelah masuk ke dalam, ternyata banyak terdapat booth booth merchandise seperti biasa. Mengenai panggung acara juga terlihat megah. Kinerja panitia juga maksimal saya rasa. Setelah bingung mondar mandir akhirnya saya bertemu dengan Abu Menma yang bercosplay sebagai Kuroko. Abu menunjukkan tempat ganti cosplayer yang mana segera saya berubah menjadi Terranort. Setelahnya maka petualangan kami dimulai untuk berburu foto dengan cosplayer cosplayer yang bening dan imut terutama.

Oleh Abu saya diajari banyak hal mengenai cosplay terutama penggunakan make up dan juga lensa mata. Sebelumnya saya kira make up yang digunakan cosplayer adalah make up khusus. Ternyata make up yang biasa kita jumpai di pasaran (atau yang biasa dipakai ibu ibu) bisa dipakai. Wah wah info bermanfaat nih. Lalu juga tentang penggunaan lensa mata yang saya masih enggan untuk mencobanya, mungkin lain waktu deh. Kira kira pukul 19.00 Abu meninggalkan lokasi karena suatu acara. Thanks ya udah ditemani hunting foto sama selfie gila gilaan.

Mengenai cosplayer yang saya temui hari ini antara lain Killua (Thomas), Kuroko (Abu), Naruto Sage Mode (Stevie), Kurapika, Spiderman, Alphamon, Omegamon, Team 7 Naruto (Little version), Archer Fate, Alisa God Eater (Arofah), Suzuya Tokyo Ghoul dan masih banyak cosplayer lainnya tentunya. Mengenai karakter yang saya cosplay kan sendiri tidak ada yang menotice. Iya mungkin Terranort (apalagi versi Organization) tidak terlalu terkenal di dunia cosplay. Mungkin kehadiran suatu weapon (alias keyblade) di kemudian hari akan mampu membuat para pengunjung mengenali karakter ini.

Nah di hari ketiga, saya bercosplay sebagai Hooded Organization XIII. Setelah keliling sana sini akhirnya saya bertemu dengan Kumara yang bercosplay sebagai Izanagi dari game Persona. Wah akhirnya jadi juga kostumnya. Maka di hari ketiga saya ditemani Kumara. Hebatnya, saya tertular aura nya Izanagi sehingga cukup banyak pengunjung yang berfoto dengan saya. Sipp dah. Jujur, aku merasa para pengunjung menotice kostum saya. Entah penasaran dengan wajah saya yang tertutup kain hitam atau penasaran tentang karakter apa yang saya cosplaykan. Atau mengira saya cosplay sebagai MC Dunia Lain hihihihi.

Sembari menunggu jadwal meet and greet yang dimulai pukul 15.30 maka saya memutuskan untuk mendatangi stan Magic The Gathering. Coba coba ikut tutorial nya (dapat starter deck loh) dan diajari oleh tutornya. Menurut beliau intinya main TCG itu untuk beberapa aspek mirip mirip. Juga dijelaskan jika misalnya telah mengenal atau bermain TCG lainnya (misal Yugioh) maka mempelajari MTG akan menjadi lebih mudah.  Dalam duel tutorial, saya kebagian deck Vampire dengan mana hitam sementara musuh saya kebagian deck Penyihir dengan mana biru. Asyik juga tutorialnya. Deck Mana Hitam berfokus dengan efek destroyer sementara dek mana biru berfokus dengan efek drawing. Setelah puas dengan tutorial maka saya lanjut berburu foto cosplayer bersama Kumara.

BACA JUGA :

Akhirnya sesi meet dan greet dimulai dengan Ying Tze. Sialnya saya kebagian tempat duduk belakang sehingga tentu saja antre cukup lama. Oh ya sebelumnya saya juga telah membeli poster Ying Tze ukuran A4 seharga Rp 40.000,- untuk kemudian ditanda tangani. Tentu tak lupa playmat Joey dari Legendary Collection Joey World pun juga saya bawa. Ramah sekali ya Ying Tze. Kukira cosplayer luar negeri bakalan jutek atau apa lah tapi kenyataannya tidak seperti itu.

Di hari ketiga, cosplayer yang saya temui antara lain Izanagi (Kumara), Uta Tokyo Ghoul, Saint Pegassus (Stevie), L, Natsu Fairy Tail, Kamen Rider Kuuga, Ichigo Kurosaki, Erza Fairy Tail (Reno), dll. Di hari Minggu banyak sekali cosplayer yang berdatangan mengingat kebanyakan libur hari Minggu sih.

Berikut ini akan saya sampaikan kelebihan dan kekurangan terkait pelaksanaan Acolytes 2017 :

 

KELEBIHAN :

  • Sosialisasi event yang sangat baik, bahkan sebelum hari raya Idul Fitri.
  • Sistem bundling tiket dan sistem VIP dan VVIP juga tiket harian juga semakin mempermudah pengunjung dalam menentukan pilihan harga sesuai budgetnya.
  • Tata letak panggung dan juga booth menarik. Juga adanya kursi panjang sangat menarik untuk memanjakan pengunjung dan juga cosplayer.
  • Kinerja panitia dan juga para pengunjung terutama dalam menjaga kebersihan patut diapresiasi.
  • Adanya ruang ganti cosplayer dan juga adanya ruang penitipan barang yang disediakan Surabaya Tekken Community.

KEKURANGAN :

  • Tanda masuk sebaiknya jangan stempel, karena akan mudah hilang bila terkena keringat. Alangkah baiknya bila diganti dengan semacam pita perekat atau gelang yang lebih awet.
  • Ruang ganti tidak dijaga oleh panitia dan kesannya setiap orang bisa keluar masuk tanpa ada penjagaan berarti.
  • Masih banyak ruang kosong di dekat pintu keluar, mungkin bisa dimanfaatkan di lain waktu.

Berikut ini foto foto saya :

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Cosplay dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke ​COSPLAY EVENT : ACOLYTES  (TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA, 28 – 30 JULY 2017)

  1. Ping balik: COSPLAYER PROFILE : ABU MENMA | A Diary of Minato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s