COSPLAY EVENT : JAPANIVERSAL UNTAG 2017 (UNTAG SURABAYA – 30 APRIL 2017)


COSPLAY EVENT : JAPANIVERSAL UNTAG 2017 (UNTAG SURABAYA – 30 APRIL 2017)

Tepatnya pada tanggal 30 April 2017, Untag Surabaya kembali mengadakan event jejepangan tahunan yaitu Japaniversal. Tentunya event ini telah dinanti oleh setiap penikmat jejepangan pastinya. Khususnya bagi saya sendiri, selain untuk menikmati event juga saya mengikuti turnamen Yugioh(Roadshow NATS 2017) yang kesekian kalinya. Menimba pengalaman di dunia Yugioh sebanyak mungkin. Oh ya tak terasa sudah setahun sejak saya membeli topeng Kakashi di Japaniversal tahun lalu. Benar benar waktu berlangsung begitu cepat.

Kurang lebih pukul 07.30 acara Japaniversal resmi dibuka dengan diputarkan lagu kebangsaan dari Indonesia – Jepang yaitu Indonesia Raya dan Kimigayo. Banyak terlihat siswa siswa setingkat SMA yang berdatangkan dalam rangka mengikuti lomba akademik, antara lain cerdas cermat, pidato, dll. Saya memutuskan untuk berkeliling sebentar untuk mengamati stan stan yang beraneka ragam. Ada stan topeng lagi ternyata. Mata saya tertuju pada topeng Tobi (saat penculikan Kyubi). Tapi warnanya putih hitam, bukan orange hitam. Maka saya mengurungkan niat untuk membelinya.

Mengenai lomba Yugioh diadakan di gedung C 201. Maka saya mencari lokasinya dan segera menyetor decklist untuk kemudian saya berganti kostum. Menjadi (Fail) Organization XIII. Lumayan lah, daripada tidak cosplay sama sekali. Lumayan dinotis pengunjung, apalagi dengan jubah hitam saya (kesannya kok seperti Masih Dunia Lain ya). Tapi tidak apa lah. Yang terpenting have fun dan enjoy the event.

 

Pukul 10.00 saya kembali ke ruang lomba Yugioh. Pukul 10.15 dimulailah pairing. Mengenai deck saya masih (dan tetap) menggunakan Hunder dengan beberapa update sedikit.  Berikut ini akan saya sampaikan hasil hasil duel saya :

  • GAME I : VS INDRA (D/D/D) LOSE 0 – 2

Awalnya saya bisa merasa percaya diri dengan kehadiran Rai-Oh di field. Dapat 1st turn memungkinkan saya untuk mengontrol field. Rai-Oh saya jadikan single fighter karena Hunder belum muncul. LP Lawan terus menerus berkurang akibat serangan Rai-Oh dan juga efek  Spell dan Trap D/D/D nya. Sayangnya meski sudah berusaha menahan strategi musuh dengan berbagai macam backrow, Rai-Oh berhasil dikalahkan. Maka tak sampai butuh waktu lama untuk  mengalahkan saya dengan monster brutal D/D/D. Di match kedua saya hampir tak berkutik karena bad hand, terlebih ada D/D/D monster dengan efek seperti Heavy Storm. Hilang sudah backrow saya yang berujung kekalahan.

  • GAME II : VS HARDI (MAJESPECTER) LOSE 0 – 2

Duel rematch lagi melawan Hardi. Sialnya dia mendapat 1st turn dan lebih mendapat keuntungan untuk field control terlebih dahulu. Di game ini saya tak mampu memberi perlawanan sengit pada Hardi seperti di TCG Asia Qualifier minggu lalu. Traptrix Trap Hole Nightmare bisa mencegah efek Majespecter nya, namun tak bisa untuk menghancurkannya. Maka akhirnya saya di gangbang oleh kawanan Majespecter. Di game kedua siding Rivalry of Warlord saya tak terdraw. Rai-Oh saya padahal sudah muncul tapi dapat dikalahkan dengan mudah dengan Majespecter yang diequip dengan Moon Mirror Shield.

BACA JUGA :

 

  • GAME III : VS NUGROHO (FLUFFAL) WIN 2 – 0

Di game pertama saya benar benar sangat hoki. Rai Oh bertumpuk di tangan dan juga ditambah dengan double Honest. Maka Life Point musuh berhasil saya cicil sedikit demi sedikit. Dan akhirnya dengan susah payah saya berhasil menang. Di game kedua, siding saya akhirnya berhasil terdraw. Entah bagaimana saya berhasil meng lock field dengan Rivalry of Warlord dan Gravity Bind yang memaksa kondisi stagnan antara kita berdua. Di field lawan otomatis hanya terdapat monster Fairy yang secara otomatis mengunci Fusion Summon Fluffal yang bertipe Fiend. Dengan Toy Vendor, musuh terus melakukan draw. Maka saya memanfaatkan itu dan akhirnya lawan saya paksa untuk deck out alias kehabisan kartu di deck. Sangat tak disangka saya bisa menang karena hoki seperti ini. Gotcha.

  • GAME IV : VS WILLIAM (FIRE KING) LOSE 0 – 2

Akhirnya duel rematch dengan Mas William, orang yang banyak memberi saya saran tentang trik Honest. Maka saya melakukan duel terbaik dengan seluruh jiwa raga (lebay). Ternyata menghadapi Fire King sangat merepotkan, serba salah apabila didestroy. Destroy – Add – Special Summon begitu seterusnya. Benar benar repot. Bahkan di game kedua permainan saya benar benar terkunci oleh Summon Limit. Kedua pemain hanya boleh summon monster sebanyak 2 kali. Sangat mengganggu deck saya. Di hand saya sudah terkumpul Lightray Diabolos dan Lightray Daedalus dan saya melihat ada peluang menang. Sayangnya monster Light di graveyard saya masih kurang. Padahal peluang untuk menang ada. Kembali saya kalah. Tapi tak apalah, yang penting have fun dan duel dengan seluruh jiwa raga. Good Game, Senpai.

  • GAME V : VS DIMAS (ODD EYES) LOSE 0 – 2

Duel terakhir antara sesama duelist sekaligus cosplayer. Combo Dimas berlangsung seperti biasanya dan dalam sekejap sudah muncul monster monster Pendulum di field. Hand saya juga tak terlalu bagus. Spell dan Trap pun tak bisa diaktifkan di Battle Phase karena duet Stargazer – Timegazer Magician. Akhirnya saya kalah. Di game kedua, combo Dimas makin menggila dengan adanya field Sky Iris. Benar benar sangat merepotkan melawan Pendulum. Torrential Tribute pun tak berarti banyak baginya karena monster Pendulum kembali lagi ke Extra Deck, bukan ke Graveyard. Maka di next turn saya dikeroyok tanpa ampun dengan monster monster Pendulum. Good Game, Hinata Shoyo.

Setelahnya diadakan pembagian hadiah untuk peringkat 17 – terakhir (jangan ditanya saya peringkat berapa). Wow pembagian hadiahnya tidak main main yaitu Star Pack 2017. Juga ditambah dengan adanya single card Foil. Single card yang saya dapatkan yaitu Ignoble Knight of Black Laundsallyn. Sementara dari Star Pack saya mendapat Performapal Secondonkey, Pianissimo dan Frightfur Sheep. Wow keren dah. Dimas malah mendapat Odd Eyes Rebellion Dragon. Waduh hoki itu dong. Oh ya saya juga membeli randoman dari Mas Siswondo dengan harga yang sangat miring. Dapat banyak plus nya nih. Dapat game mat, deckbox, kartu kartu foil, juga ada bonusan kartu Magic The Gathering dan Vanguard yang keren abis. Recommended seller deh (sempat dibully juga sama Cubic nya sih hehe).  Oh ya saya juga beli sleeve bekas dari Mas Radits dengan harga miring. Lumayan lah biar kartu aman. Jujur aslinya sempat pingin khilaf di stand COYS Yugioh, tapi katanya anak anak COYS itu hanya pajangan dan tak boleh dijual (karena stand komunitas tak diperbolehkan untuk menjual produk, apabila ketahuan akan mendapat denda).

hadiah turnamen yugioh

Setelah makan makan dengan para kontributor blog maka saya dan teman teman segera berfoto dengan para cosplayer. Kelihatannya cosplayer yang datang di tahun ini relatif tidak terlalu banyak, karena di hari yang sama juga ada event cosplay di Malang dan Jakarta. Cosplayer yang berdatangan memerankan karakter karakter antara lain : Hinata Shoyo (Dimas), Kamen Rider Accel, Noctis (Kevin) Kamen Rider Double, Sasuke, Killua (Thomas), Persona 4 (Kumara), Luke Tales of Zestiria (Meiru), 2B, Kamen Rider Ouja, Hinata, dll.

 

 

Berikut ini saya sampaikan kelebihan dan kekurangan terkait pelaksanaan Japaniversal Untag 2017 :

KELEBIHAN

  • Free HTM
  • Stand makanan dan aksesoris melimpah
  • Adanya rundown yang jelas

KEKURANGAN

  • Kurang banyaknya tempat sampah yang disediakan terlebih kresek kresek besar harusnya lebih banyak untuk menampung sampah sampah yang membludak
  • Adanya kasus pencurian agar lebih diperhatikan oleh panitia Japaniversal Untag lagi demi perbaikan event di kemudian hari.

Sekian review saya tentang Japaniversal Untag 2017 kali ini. Sampai jumpa dan terima kasih.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Cosplay, Yu-Gi-Oh dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke COSPLAY EVENT : JAPANIVERSAL UNTAG 2017 (UNTAG SURABAYA – 30 APRIL 2017)

  1. Ping balik: ​COSPLAY EVENT : INOCHI 2017 (ITS SURABAYA, 7 MEI 2017) | A Diary of Minato

  2. Ping balik: MY YUGIOH MY LIFE PART 4 | A Diary of Minato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s