​YUGIOH EVENT : TCG ASIA 1ST QUALIFIER (SURABAYA, 23 APRIL 2017)


​YUGIOH EVENT : TCG ASIA 1ST QUALIFIER (SURABAYA, 23 APRIL 2017)

Selfie ala kadarnya

Pada hari Minggu tanggal 23 April 2017 serentak di beberapa kota kota besar di Indonesia diadakan kualifikasi untuk memilih wakil Yugioh untuk berlaga di Kejuaraan Asia mendatang. Tentunya kejuaraan ini sangat prestisius bagi duelist duelist Yugioh di Indonesia untuk membuktikan skill nya di kancah Asia. Sponsor kejuaraan ini salah satunya adalah Brain Navi Asia. Untuk wilayah Surabaya kualifikasi diadakan di Jalan Dharmawangsa gang 8 dekat dengan kediaman sang Ketua COYS yaitu Sandy Hikaru. (makasih ya roti bakarnya.. panjang umur dan sehat selalu)

Untuk kualifikasi dikenakan fee sebesar 10 K. Fee sebesar itu untuk sewa tempat dan berbagai akomodasi lainnya seperti uang kas, publikasi dll. Juga dengan membayar fee itu sudah termasuk free drink dan wifi. Tentunya duelist duelist sangat dimanjakan dengan fasilitas ini. Pukul 09.00 duelist sudah banyak berdatangan di tempat acara. Juga diputarkan lagu lagu anime layaknya di event cosplay untuk meramaikan suasana. Sebelum diadakan kualifikasi terlebih dahulu duelist harus mengisi decklist untuk kemudian disetorkan ke judge. Tentunya decklist ini sangat berguna demi kelancaran duel dan teknis teknis yang berkaitan dengan pelaksanaan kualifikasi.

Tulis tulis decklist dulu

Untuk saya sendiri, saya sudah menulis decklist dari rumah. Masih menggunakan deck Hunder seperti biasanya, dengan beberapa perubahan sedikit seperti minus Vylon Prism dan lebih fokus dengan Xyz. Yah cuma deck casual seperti biasa. Berbekal pengalaman dari GT Jatim 2017 maka saya menyiapkan deck dengan (sedikit) lebih matang. Kurang lebih pukul 10.00 duel dimulai yang mana Mas Kurniawan Jatmika sebagai salah satu judge nya.

Berikut ini daftar pertandingan saya :

VS HARDI (MAJESPECTER – INVOKER) LOSE 0 – 2

Duel pertama melawan salah satu teman COYS. Hardi menggunakan deck campuran antara Majespecter dan Invoker. Adanya Thunder King Rai – Oh mampu menghambat Hardi untuk meng add field atau menggunakan effect Majespecter. Tetapi dapat dihentikan oleh Archfiend Eccentric. Keren deh. Mechaba pun sudah muncul di field dan harus dipancing sebelum berhasil saya kalahkan dengan susah payah berkat Honest. Sayangnya di game ke dua, harapan saya untuk menang lewat Honest pupus karena adanya intervensi dari Invoker Aleister..

VS ANDY (MONARCH) LOSE 0 – 2

Kali ini saya melawan seorang sultan, juga duelist sekaligus kolektor action figure One Piece. Oh ya sebagian besar koleksi kartu saya dibeli dari Andy loh. Ok kembali ke duel. Monarch terbukti berhasil membuat Hunder tak berkutik. Kombinasi March of the Monarch dan Field Spell Domain of the True Monarchs semakin membuat saya bertambah pasrah dan akhirnya kalah tanpa perlawanan berarti.

(Setelah pairing 2 , maka diadakan ishoma kurang lebih selama satu jam)

VS DEDE (EVILSWARM) LOSE 1 – 2

Deck kami berdua hampir hampir mirip, sama sama Rank 4 Axis. Duel antara Light dan Dark. Sama sama bermaterikan trap trap yang berbahaya. Saya sempat mencuri poin karena kebetulan belaka (seandainya Mas Dede punya dan siding Light Imprisoning Mirror maka akan lain cerita). Di game penentuan maka tinggal adu tekad saja. Salip menyalip Life Points pun terjadi. Infestasion Pandemic pun terus saya pancing demi sebuah serangan akhir. Serangan akhir melibatkan Dark Rebellion Xyz Dragon yang telah menggunakan efeknya untuk menghabisi Evilswarm Ophion yang telah dikuras ATK nya (LP Dede tinggal 2400 saat itu, dengan waktu tersisa 5 menit lagi. Sayangnya Mirror Force milik Dede menghancurkan impian saya. Benar benar duel yang sangat menarik dan menegangkan. Gotcha !!

VS ANGGA (GRAYDLE EARTHBOUND) LOSE 0 – 2

Duel rematch saya setelah saya dihajar oleh Cubic saat event Japanese World di Unair lalu. Deck Graydle, deck parasite yang merepotkan yang dipadukan oleh Earthbound Immortal. Lalu ditambah dengan Mound of the Bound Monarch semakin menyulitkan saya. Utopia saya dipermainkan oleh Earthbound Immortal Uru. Solusinya hanya Kaiju yang mana saya belum memilikinya untuk saat ini.

VS FIRMAN (BURN) WIN 2 – 1

Kali ini saya melawan teman dari Angga. Kembali merupakan duel rematch dengan masih menggunakan deck burn. Burn dengan Ceasefire, Secret Barrel dan Chain Strike terbukti amat mematikan. Duel antara kami berlangsung lama karena saya bermain dengan hati-hati. Dan waktu pun memasuki injury turn (kedudukan saat itu 1 – 1 dengan beda Life Points antara saya dan Firman hanya sebesar 300 points. Di turn ketiga injury turn (giliran Firman) bila sekali saja saya terkena burn saya akan kalah. Saya sudah siap kalah dan tak mengharapkan apapun. Namun ternyata Firman tak memiliki burn card di backrow nya (mungkin  hanya Magic Cyclinder atau Dimension Wall yang tersisa). Maka saya keluar sebagai pemenang hanya karena menang nasib.

After tourney , sesi duel bebas dan sesi tanya jawab

Banyak sekali hal yang saya pelajari di event ini. Antara lain saran dari Mas William untuk mempelajari mekanisme Honest lebih mendetail lagi demi menjamin alur kemenangan. Juga dengan Andy membahas tentang harga harga kartu, meta ke depan dll. Juga saran dan masukan dari Mas Radits  tentang efek efek kartu tertentu dan mekanisme chain dan condition. Juga akhirnya bisa bertemu dengan Mas Gilang  dan bertanya tanya tentang perbedaan harga TCG dan OCG dan lain lain. Wow sekali lagi saya mendapat ilmu yang bermanfaat. Setelah event ini, minggu depan ( 30 April 2017) insyaallah saya akan mengikuti turnament Yugioh yang bersamaan dengan event cosplay Japanniversal.

Sekian report saya kali ini. Sampai jumpa dan terima kasih.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Yu-Gi-Oh dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke ​YUGIOH EVENT : TCG ASIA 1ST QUALIFIER (SURABAYA, 23 APRIL 2017)

  1. Rizky Noorz berkata:

    sip broo

    Disukai oleh 1 orang

  2. Hyoroemon berkata:

    Ak baru baca di ygorganization. Tahun ini Indo nggak masuk WCS Qualifiier ya

    Disukai oleh 1 orang

  3. febriminato berkata:

    Indonesia kan belum official…. mana bisa ikut WCS hehehe

    Suka

  4. Ping balik: COSPLAY EVENT : JAPANIVERSAL UNTAG 2017 (UNTAG SURABAYA – 30 APRIL 2017) | A Diary of Minato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s