​CARA MENGATASI KHILAF DI EVENT JEJEPANGAN


​CARA MENGATASI KHILAF DI EVENT JEJEPANGAN

Khilafer

Khilaf bagi kalangan penikmat jejepangan mungkin sudah tak asing lagi. Terlebih bila mereka menghadiri suatu event jejepangan. Berbagai macam booth baik itu makanan, aksesoris ataupun baju / kostum nyatanya memang menjadi salah satu magnet tersendiri bagi pengunjung. Perputaran uang pun tak terelakkan lagi. Yang tadinya mau melunasi pre order bulan ini jadinya melesat hingga tiga bulan ke depan. Yang masih sekolah terkadang memakai uang jajannya sehingga rela tidak jajan di jam istirahat. Yang paling parah, yang sudah memiliki penghasilan sendiri bisa dengan seenaknya menghabiskan uangnya sehingga jatah tabungan untuk masa depan bisa menyusut. Menurut saya pribadi, khilaf tidak bisa distop namun hanya bisa diminimalisir. Berikut ini tips tips dari A Diary of Minato :

  • SIAPKAN BUDGET SEBELUM EVENT

Hal ini yang paling utama. Atur sendiri tingkat khilaf mu. Misal mau habisin 500 K silahkan (N.B. : Admin habis segini buat Clash kemarin). Habis cuma 100 K  juga boleh. Sesuaikan dengan takaranmu sendiri dan selalu sediakan waktu untuk merenungi uang mu yang hilang. Menyesal boleh, nangis jangan, tegar harus.

  • CEK APA YANG MAU DIBELI

Kalau sudah punya gantungan kunci sedemikian banyak, apa harus beli lagi ? Catat di list dulu apa yang harus dibeli. Misal mau beli gantungan kunci Sasuke atau pin Inuyasha. Cari dulu sampai ketemu. Kalau tidak ada baru cari substitusi nya. YANG SEPADAN !! Jangan karena barang yang dicari tidak ada malah beli barang barang yang aneh aneh (N.B. : Poster Cloud milik admin, dibeli saat event Imotou Japan Festival, sampai sekarang tidak tahu harus dipasang dimana).

  • BAWA BEKAL DARI RUMAH

Kalau istilah orang Surabaya sih mbontot. Yah mau bagaimana lagi ? Terkadang event jejepangan juga diadakan di mall. Ataupun kalau diadakan di kampus biasanya banyak berlimpah makanan makanan pengunggah selera (apalagi makanan Jepang yang mengundang kekepoan). Jujur deh sulit sekali menahan rasa ingin makan di event jejepangan. Tidak terasa satu lembar uang lima puluh ribu sudah berpindah tangan hanya untuk satu porsi makanan. Sekali kali sih tidak apa apa. Berkali kali bisa hancur tuh. Coba sesekali bawa bekal dari rumah. Ya sederhana aja dan jangan lupa bawa air putih sendiri. Kalaupun mau jajan di event maka beli makanan ringan saja, jangan makanan berat. Pulang dari event baru bisa makan di rumah. Atau makan dulu sebelum berangkat ke event.

BACA JUGA :

  • PRIORITAS EVENT TERTENTU SAJA

Ini berarti mengurangi intensitas kita datang ke event jejepangan. Hmm sekali per minggu ? Ganti jadi sekali per bulan. Takut dibilang ga gaul ? Biarin aja. Bilang aja hemat pangkal kaya. Juga biasanya dalam setahun ada beberapa event jejepangan yang worth. Tidak akan saya sebutkan disini karena tergantung penilaian masing masing.

  • DATANG DI EVENT YANG DIADAKAN DI AKHIR BULAN (thanks to Mbak Arofah)

Datang di akhir bulan ? Berarti waktu tanggal tua dong. Iya sih buat meminimalisir khilaf ? Paling juga cuma khilaf makanan. Ya katakanlah maksimal hingga Rp 100.000. Mau khilaf lainnya ? Tunggu gajian lah.

  • LUPAKAN SEGALANYA TENTANG JEJEPANGAN

Ini merupakan cara yang paling ekstrim sekaligus paling ampuh. Lupakan semuanya tentang apa itu event cosplay dll. Aman sih… ga bakal keracun action figure… ga bakal keracun ikut ikutan cosplay dll. Paling cuma sediain kuota buat download anime. Tapi sayang lah silahturahminya. Datang ke event jejepangan juga menambah channel alias pertemanan loh. Cari teman sehobi atau mungkin cari jodoh sekalian bisa anda lakukan di event jejepangan.

  • NIAT DAN BERDOA

Segala sesuatu harus ada niat. Kalau niat kalian untuk tidak khilaf mantap, pasti sejauh apapun godaan tidak akan menggoyahkan hatimu. Niat bahwa khilaf akan menghambat tujuanmu, terutama bagi para cosplayer yang ingin membeli kostum baru. Juga jangan lupa segala sesuatu haruslah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berdoa agar terhindar dari bisikan setan setan yang banyak berkeliaran di cosplay event.
Sekian saran saran dari saya. Kritik dan saran selalu saya terima demi perbaikan artikel ini di kemudian hari. Terima kasih dan sampai jumpa.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Cosplay dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke ​CARA MENGATASI KHILAF DI EVENT JEJEPANGAN

  1. Ping balik: COSPLAY : SERBA SERBI | A Diary of Minato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s