COSPLAY EVENT : CHOCODAYS 2016 (MARVELL CITY, 10 – 11 DESEMBER 2016)


COSPLAY EVENT : CHOCODAYS 2016 (MARVELL CITY, 10 – 11 DESEMBER 2016)
Hai jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan membahas tentang cosplay event yang katanya merupakan event tahunan akbar bagi para pecinta jejepangan yaitu Chocoday. Chocoday ? bagi bagi coklat ? jujur saya sempat mengira seperti itu. Tapi ternyata itu merupakan singkatan dari Cosplay, Hobby and Comic Day. Agak tidak nyambung saya rasa. Terlebih di timeline facebook malah disingkat menjadi CCD. Wah ini bisa ambigu, bisa berarti Cacad atau kalau yang familiar di dunia Yugioh bisa diartikan sebagai Card Car D.

Di cosplay event kali ini saya kembali bercosplay sebagai Fail Anbu Kakashi Hooded Version. Maklum lagi bokek karena khilaf kapan hari di Yugioh. HTM dikenakan biaya Rp 25.000. Hmm, wajar sih bila event besar dikenakan HTM yang mahal. Tapi dengan catatan event itu harus menawarkan pengalaman dan kualitas yang sebanding dengan HTM itu sendiri. Setelah berganti kostum maka saya segera memasuki lokasi event.

 
Dan…. Ekspetasi saya berantakan. Untuk lebih detailnya saya jelaskan di bawah. Lokasi panggung utamanya waduh kecil sekali. Tidak ada pagar pembatas juga. Saya putuskan untuk jalan jalan sebentar. Booth nya banyak, namun masih mainstream dan menjual pernak pernik berbau anime. Saya sendiri tertarik dengan topeng Anbu yang dijual seharga Rp 150.000 namun apa daya uang hamba tidak cukup. Dan lagi terburu buru bukanlah hal yang baik. Di koridor saya mencoba permainan Dart di booth “Itasha Community”. Dua kali games sekaligus. Masa shinobi ga bisa main dart ? Namun apalah daya saya hanya manusia biasa. Hehe, that’s okay.

BACA JUGA

Saya putuskan untuk duduk duduk sejenak di koridor. Sambil membuka koleksi kartu kartu Yugioh saya, siapa tahu ada yang tertarik beli. Juga tak menutup kemungkinan memancing perhatian pecinta Yugioh yang berminat bermain real life. Sambil menyelam minum susu. Ada juga sih yang tanya tanya. Juga ada cosplayer yang foto-foto dengan kartu saya. Hahaha, mungkin belum rejeki saya belum ada “ikan” yang terpancing.

 
Cosplayer yang datang di cosplay event kali ini memerankan karakter yang beragam ragam. Ada Ichigo (Bleach), Mystic Messenger, Kamen Rider Tiger (Devra), Tales Series, Naruto, Boruto, Minato, Date A Live (Efreet Kotori), Vanguard, Love Live, Miku dll.
Berikut ini foto foto amatir saya :

Chocodays Compilation 1

 

Chocodays Compilation 2

 

Chocodays Compilation 3

 

Chocodays Compilation 4

Berikut ini pula saya sampaikan kelebihan dan kekurangan dari event Chocoday 2016 :
KELEBIHAN
• Adanya koridor mempermudah penjagaan keluar masuk pengunjung. Meminimalisir adanya penonton illegal.
• Adanya ruang ganti cosplayer di samping pintu masuk.
• Banyaknya stan stan yang siap menjebol prinsip Iritology.
KEKURANGAN
• Tempat event yang terkesan dipaksakan mengikuti tema Cyberpunk (kesan hardcore dan underground). Terkesan setengah setengah dan alangkah baiknya bila lantai yang berdebu ditutupi karpet. Namun kinerja panitia untuk mengantisipasi hal hal seperti debu dan kegerahan juga patut diapresiasi.
• Ukuran panggung yang kecil dan tanpa pagar pembatas.
• Tidak ada music yang mengiringi jalannya event.
• HTM yang tidak sebanding menurut saya. Kalau dapat free masker bergambar anime + kipas anime kan alangkah baiknya.
• Minim tempat sampah (apalagi di koridor).
Sekian pembahasan saya mengenai event cosplay Chocoday. Tak ada gading yang tak retak. Kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Sampai jumpa.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Cosplay dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke COSPLAY EVENT : CHOCODAYS 2016 (MARVELL CITY, 10 – 11 DESEMBER 2016)

  1. Ping balik: COSPLAYER PROFILE : YOCCHI MAE THE TRICKSTER | A Diary of Minato

  2. Ping balik: COSPLAYER PROFILE : MOYA YAN | A Diary of Minato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s