YU-GI-OH : KIND OF TRAP HOLE


YU-GI-OH : KIND OF TRAP HOLE

Trap Hole, merupakan trap trap awal yang diperkenalkan oleh Yami Yugi yang mana fungsinya menghancurkan monster yang disummon. Kesan tricky begitu lekat pada kartu ini sehingga duelist perlu hati hati agar monster yang disummon (terutama Tribute Summon) tidak sia sia terkena jebakan ini. Dewasa ini banyak bermunculan jenis Trap Hole yang beraneka ragam efeknya. Meski efeknya berbeda beda, namun intinya tetap sama yaitu destroy/ banish monster di field. Artworknya juga rata rata tentang monster yang terjebak ke suatu lubang. Berikut ini akan saya sajikan.

– ACID TRAP HOLE

Pilih 1 Defense Position monster di field lalu bukalah. Jika DEF nya kurang dari 2000 points, hancurkan monster itu. Jika tidak kembalikan ke  posisi semula.

Sangat berguna apabila kita memakainya di dek Shaddol yang mana akan langsung men-trigger efek “sent to graveyard”. Juga berguna untuk mengatasi deck Ghosttrick yang penuh tipu muslihat.

– ADHESION TRAP HOLE

Hanya aktif saat musuhmu me-Summon suatu monster. Selama tetap dalam posisi face-up maka bagi setengah original ATK monster itu.

Hmm mungkin efeknya hanya berpengaruh besar pada monster beater semata. Dan tentunya akan sangat mudah diakali dengan melakukan Synchro atau Xyz menggunakan monster yang terkena efek sehingga dampak penurunan ATK tidaklah berarti.

– BOTTOMLESS TRAP HOLE

Saat musuhmu me-Summon monster dengan ATK 1500 atau lebih : hancurkan monster itu, jika berhasil maka banish setelahnya.

Kartu staple trap hingga saat ini. Efeknya yang tak pandang bulu, yang penting Summon dgn ATK 1500  atau lebih, terlebih efek banishnya yang hebat. Secara dewasa ini banish adalah metode yang ampuh untuk mencegah monster direcycle ataupun dijadikan cost suatu efek.

– CHAOS TRAP HOLE

Bayar 2000 LP. Batalkan summon dari monster Light atau Dark lalu banish monster itu.

Hanya berguna bila melawan dek Chaos, Red Eyes, Shaddol ataupun dek lainnya dengan attribute Dark/Light atau gabungan keduanya. Berhati hatilah dengan cost nya, 2000 LP saya rasa setimpal dengan efeknya.

D.D. TRAP HOLE

Kamu hanya bisa mengaktifkan kartu ini saat musuhmu me-Set 1 monster dalam posisi Defend. Hancurkan lalu banish monster itu dan 1 monster lainnya di field musuhmu.

Kartu yang sangat disarankan bila melawan Ghostrick. Atau juga bisa digunakan di awal permainan saat kedua pemain saling memancing aksi. Banish 2 monster itu hebat loh.

– DEEP DARK TRAP HOLE

Saat suatu Effect Monster dengan Level 5 atau lebih di Special Summoned : banish monster itu.

Mungkin hanya berguna melawan dek Synchro ataupun dek dengan boss berlevel besar seperti Mermail, Qlipoth, Blue Eyes dan lain lain. Perhatikan timing terutama saat melawan dek yang jelas jelas memiliki banyak bos.

– DOUBLE TRAP HOLE

Jika musuhmu me-Special Summon monster dalam posisi Defend : banish monster tersebut yang tetap berada pada posisi Defend.

Mirip mirip D.D. Trap Hole, hanya saja beda condition. Saya rasa sangat jarang monster di Special Summon dalam DEF position kecuali tentunya dek Superheavy Samurai.

– FLOODGATE TRAP HOLE

Saat musuhmu me-Summon suatu monster : rubah monster itu ke face down Defense Position. Monster yang terkena efek ini tak dapat merubah battle position nya.

Sangat berguna untuk digunakan di meta game yang penuh dengan Effect Monster, terutama Ignition Effect. Maka musuhmu akan kehilangan timing mengaktifkan efeknya. Atau juga bisa digunakan bila lawan men Summon beater dengan DEF kecil.

– GEMINI TRAP HOLE

Hanya bisa aktif saat Gemini monster yang sudah menjadi Effect monster hancur via battle. Hancurkan semua monster di field musuhmu.

Khusus bagi pengguna dek Gemini (Red Eyes mungkin). Tapi menunggu suatu monster milik kita hancur via battle menurut saya terlalu lama dan terlalu conditional. Meskipun efek sapu bersih yang akan diperoleh.

– GIANT TRAP HOLE

Hanya dapat diaktifkan saat 2 atau lebih monster di-Special Summon secara bersamaan. Hancurkan semua monster di field.

Ini dia counter melawan Pendulum Summon. Saat lawan melakukan Swarm Pendulum Summon maka aktifkan kartu ini. Hanya saja jangan cepat berpuas diri, bila lawanmu menggunakan dek full Pendulum. Bisa jadi di giliran berikutnya akan terjadi aksi balas dendam.

BACA JUGA :

– YUGIOH : CHEAP CARD SOLUTION

– YUGIOH : QUICK PLAY SPELL TERKUAT (VERSI FEBRIMINATO)

– YUGIOH : SERBA SERBI ANGKA 3

– TIME – SPACE TRAP HOLE

Saat musuhmu me-Special Summon monster dari hand atau Extra Deck : Kembalikan monster tersebut ke Deck / Extra Deck, lalu kurangi Life Pointmu sebanyak 1000 poin untuk setiap monster yang dikembalikan karena efek ini.

Terkadang kembali ke Deck atau Extra lebih kejam daripada sekedar destroy dan tidur enak di Graveyard. Pendulum Summon jelas menjadi sasaran utama kartu ini. Namun hati hati bila musuh men-swarming 5 monster sekaligus dari hand. Karena jelas cost yang akan kau bayar sebesar 5000 LP.

– TRAP HOLE OF SPIKES

Saat monster musuhmu (yang di Normal atau di Special Summon giliran ini) mengumumkan serangan : hancurkan monster itu, jika berhasil, kenakan damage pada musuhmu sebesar setengah original ATK monster yang dihancurkan tadi.

Kalau tak salah ini trap milik Jounouchi yang digunakan saat di Duelist Kingdom Arc. Destroy plus damage. Perhatikan juga timing yang tepat untuk menggunakannya (gunakan pada beater gajah untuk ekstra damage).

– TRAPTRIX TRAP HOLE

Saat monster musuhmu (yang di-Special Summon giliran ini) mengaktifkan efeknya : batalkan efek itu, lalu hancurkan monster itu.

Berguna mengatasi Trigger Effect ataupun Ignition Effect. Patut untuk dicoba.

– TREACHEROUS TRAP HOLE

Hancurkan 2 monster di field. Kamu hanya bisa mengaktifkan kartu ini jika di Graveyard mu tidak terdapat Trap Card.

Condition yang sangat sulit dipenuhi kecuali bila kamu mendapatkan kartu ini di awal awal permainan. Efek yang didapat juga tak sebanding kurasa.

– VOID TRAP HOLE

Saat musuhmu me-Special Summon monster dengan ATK 2000 atau lebih :batalkan efek monster tersebut (batalkan salah satu jika monster yang dipanggil lebih dari satu), dan jika berhasil maka hancurkan monster itu.

Berguna melawan dek beater (terlebih bila beater yang memiliki Trigger Effect saat sukses di special summon). Juga bisa digunakan untuk mengatasi Pendulum Summon Qliphort dkk.

Sekian pembahasan saya kali ini. Terima kasih dan sampai jumpa di lain waktu.

N.B. : Semua gambar diambil dari game YgoPro ver. Android yang telah diedit oleh admin.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Yu-Gi-Oh dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s