COSPLAY EVENT : CONFESS (TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA – 20-21 AGUSTUS 2016)


COSPLAY EVENT : CONFESS (TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA – 20-21 AGUSTUS 2016)

Cosplay event ini kabarnya telah disosialisasikan jauh jauh hari sebelum pelaksanaannya, rasanya sejak event Anicult sudah ada kabar. Menurut saya hal itu menandakan kesigapan dan kesiapan panitita untuk menyelenggarakan cosplay event yang benar benar sesuai untuk memuaskan dahaga para penikmat jejepangan. Di event ini kembali saya bercosplay sebagai Judai Yuki KW II (maklum masih noob) namun minus Duel Disk. Alasannya mungkin karena takut rusak (karena bukan properti saya) dan cukup berat dan merepotkan saya dalam berselfie ataupun mengambil foto.

 

Di hari pertama, saya datang sendirian. Sambil menunggu kostum datang, tentunya saya mengamati tentang pelaksanaan event. Dari segi waktu saya rasa agak molor rupanya. Oh iya saya lupa event ini merupakan event berbayar yaitu sebesar 25.000 Rupiah (On the Spot). Sekali lagi pembebanan tiket masuk merupakan pertanda suatu event cosplay yang terorganisir dengan sangat baik. Harga yang sangat sebanding dengan pengalaman yang akan didapat didalamnya. Untuk urusan tata panggung, sudah sangat sesuai yaitu di pusat hall. Kursi kursi yang disediakan juga sudah cukup memadai karena apabila terlalu banyak maka akan dikira sebagai acara pernikahan (wkwwk). Mengenai tata letak dan keberagaman stand saya acungi dua jempol. Banyak sekali stand yang menawarkan hal hal tentang jejepangan. Juga action figure dan merchandise yang kian hari kian menggoda saya.

 

Hari pertama ternyata nihil orang yang berminat foto dengan saya. Mungkin beberapa ada yang notice atau saya saja yang terlalu cuek. Pikir saya kalau tidak ada yang foto ya sudah saya yang minta foto. Yah mau bagaimana lagi karena saya cosplayer gadungan. Akhirnya setelah mengumpulkan cukup bahan untuk blog (target foto dengan 10 orang cosplayer terpenuhi) saya memutuskan untuk pulang. Gejala masuk angin kebanyakan terpapar AC (maklum katrok) yang mengakibatkan rasa mulas.

 

Di hari kedua, saya ditemani oleh teman saya Ben sang pemuja cewek Korea. Karena ada teman maka tentunya saya lebih lepas daripada hari kedua. Pengunjung sangat ramai di hari Minggu. Penuh sesak namun itu sudah biasa di event event cosplay seperti ini. Untuk memancing notice pengunjung saya mengocok dek fake Yugioh saya dan rupanya cukup berhasil. Paling tidak mereka tahu bahwa ada cosplayer Yugioh walaupun karakter yang saya cosplaykan merupakan karakter dari serial lama.

 

Dan pada akhirnya saya berhasil di notice. Ada seorang duelist yang menghampiri saya. Anggota Yugioh Community Surabaya bernama Roy. Wah tentunya dek Hunder dan dek Utopia Boy saya tunjukkan padanya. Dan benar, ia tahu bahwa semua kartu saya adalah fake. Tentunya kami banyak membahas tentang Yugioh mulai dari banlist ke depan, metagame, harga kartu ori yang sebenarnya (1 kartu bisa lebih 200 ribu bro) dll. Dan beliau juga bisa menilai dek Utopia Boy saya (lain waktu saya share) merupakan dek random. Benar sekali, karena dek ini merupakan fun deck yang minim konsistensi yang hanya mengandalkan Number dan Chaos Number. Benar benar penilaian yang teliti dari seorang duelist yang bermain Yugioh secara profesional (jangan tiru saya, punyanya fake aja). Saya juga dinotice oleh Ian Lius, penikmat jejepangan asal Malang yang rupanya sedang mengikuti lomba fotografi. Wah jadi malu nih saya difoto. Gusti Pangeran sing mbales masbro. Semoga menang lombanya.

 

Untuk cosplayer cosplayer yang hadir sangat banyak. Mungkin ada 100 lebih cosplayer yang meramaikan Confess. Ada yang bercosplay sebagai Judai (saya sendiri), Gintoki (Meiru Hamu), Kaneki – versi compang camping (Deiver Akabane Ryuga), The Mask, Ichigo Kurosaki, Spiderman, Rockman EXE, Cloud, Sephiroth, Sailor Moon, Satoshi ( Nobunaga Oda, Masamune Date, Kamen Rider Knight, Ada Wong, Zelda, Tim Taka, Kakashi, Boruto, Naruto Hokage, Asuma, Sasuke (female version), Hatsune Miku, Ram dan Rem, Netero, Killua, Alluka, Joker, Son Gohan dll. Gila banyak banget yang saya sebutkan. Salah satu penyesalan saya adalah tidak sempat berfoto dengan Cloud dan Sephiroth (keren banget loh). Tapi saya sangat senang bisa berfoto dengan Killua dan Alluka (karena saya merupakan fans Hunter X Hunter) namun saya gagal berfoto dengan Netero (guest cosplayer kurasa). Satu lagi, ada lomba tamiya yang keren banget. Jadi ingat dengan anime Lets and Go deh.

 

Berikut ini akan saya sampaikan kelebihan dan kekurangan tentang pelaksanaan event CONFESS berdasarkan pengamatan saya :

 

KELEBIHAN

  • Adanya tempat penitipan barang yang keberadaanya sangat vital bagi para cosplayer. Meski berbayar Rp 5.000,- namun itu harga yang sangat murah untuk terjaminnya keamanan barang kita. (Thanks to Elloniel Cos yang sudah mengusulkan saran ke CONFESS)
  • Tata panggung dan booth sudah relatif baik. Booth booth tidak terpusat di tengah saja namun tersebar.
  • Ada berbagai macam lomba yang diadakan sehingga semakin menyemarakkan acara.
  • Kinerja panitia yang sangat baik terbukti dengan lancarnya acara ini.

 

KEKURANGAN

  • Minimnya tempat sampah yang tersedia. Seharusnya lebih besar tempat sampahnya dan ada himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan.
  • Pengaturan jadwal acara yang relatif molor hingga 1 jam.
  • Kurang teraturnya pengaturan barisan saat sesi photo session dengan guest cosplayer. Beruntung di hari kedua panitia sudah menambahkan pembatas barisan sehingga antrian lebih rapi.
  • Mengenai stand makanan mungkin akan lebih mantap lagi bila menyediakan makanan berat atau nasi. Jadi tak perlu lagi keluar arena untuk mengisi perut.

 

Yah sekian penilaian saya tentang event CONFESS ini. Tak ada gading yang tak retak. Tak ada yang sempurna. Kesempurnaan hanya milik Sang Maha Sempurna yaitu Tuhan YME. Terima kasih dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Berikut ini foto foto amatir saya :

cosplay event - confess compilation photo - 01

cosplay event – confess compilation photo – 01

cosplay event - confess compilation photo - 02

cosplay event – confess compilation photo – 02

cosplay event - confess compilation photo - 03

cosplay event – confess compilation photo – 03

cosplay event - confess compilation photo - 04

cosplay event – confess compilation photo – 04

cosplay event - confess compilation photo - 05

cosplay event – confess compilation photo – 05

cosplay event - confess compilation photo - 06

cosplay event – confess compilation photo – 06

cosplay event - confess compilation photo - 07

cosplay event – confess compilation photo – 07

cosplay event - confess compilation photo - 08

cosplay event – confess compilation photo – 08

cosplay event - confess compilation photo - 09

cosplay event – confess compilation photo – 09

cosplay event - confess compilation photo - 10

cosplay event – confess compilation photo – 10

cosplay event - confess compilation photo - 11

cosplay event – confess compilation photo – 11

cosplay event - confess compilation photo - 12

cosplay event – confess compilation photo – 12

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Cosplay dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke COSPLAY EVENT : CONFESS (TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA – 20-21 AGUSTUS 2016)

  1. Ping balik: COSPLAY EVENT : CHOCODAYS 2016 (MARVELL CITY, 10 – 11 DESEMBER 2016) | A Diary of Minato

  2. Ping balik: MY YUGIOH MY LIFE PART 3 | A Diary of Minato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s