COSPLAY : TIPS ANTI COPET DI EVENT COSPLAY


febriminato-anbu

febriminato-anbu

Jujur, saya merasa miris setiap kali ada perayaan event cosplay (terutama di Surabaya), selalu ada kasus kehilangan entah itu kehilangan dompet, properti cosplay, handphone, flashdisk, laptop atau yang terparah kehilangan cinta (bercanda). Dimana ada keramaian, disitu selalu ada potensi kejahatan. Berikut ini saya coba berikan tips-tips dari saya (semoga bisa membantu)

Untuk pengunjung event :
– Selalu datang berpasangan, entah itu dengan teman atau pasangan, dan saling menjaga satu sama lain. Sesekali lihat belakang juga orang di sekeliling kalian.
– Bila memakai tas ransel, ada baiknya tas ditaruh menghadap depan. Khawatir dianggap sinting? Bukan justru anda cerdas mengakali situasi.
– Selalu persiapkan uang pas dalam membeli makanan/minuman. Taruh beberapa uang di saku secukupnya untuk membeli makanan dan minuman.
– Jangan sering sering mengeluarkan dompet. Timing saat anda memasukkan dompet (terutama ke saku celana belakang, biasanya butuh interval waktu 5 – 10  detik) merupakan salah satu celah bagi pencopet untuk beraksi.

IKUTI SURVEY COSPLAY DISINI
– Jika anda sedang duduk bersantai, jangan taruh hp atau gadget anda di samping anda walau sejenak (mungkin anda sedang memeriksa tas, membetulkan kunciran rambut bagi cewek, atau mengambil rokok bagi cowok). INGAT TARUH HP / GADGET DI PANGKUAN ANDA.
– Selebihnya biasakan berdoa. Berdoa kepada Tuhan agar diberi keselamatan dan dijauhkan dari orang orang yang gelap hati. Itu yang paling penting.

Untuk para cosplayer :
– Jangan biasakan meminjami barang/properti kepada orang yang baru anda kenal. Baru kenal seminggu sudah sok pinjam barang. Jangan. Cobalah untuk me-list teman teman baru anda di media sosial. Catat info penting tentangnya dan ambil screenshot.
– Tidak ada salahnya untuk mencoba bertanya pada panitia tentang ruang khusus untuk ganti pakaian dan penitipan barang barang cosplayer. Bila tidak ada, kumpulkanlah barang bawaan kalian dengan sesama cosplayer, terus taruh di belakang stage. Tapi tetap harus hati-hati ya.
– Mengenai kasus kehilangan dompet atau hp, sebenarnya dua barang vital ini harus melekat di kalian. Usahakan jangan taruh di tas. Kalau dompet kan bisa ditaruh saku celana. Mengenai hp, bisa kalian titipkan pada teman yang bisa kalian percayai.
– Jujur menurut saya, kebanyakan para cosplayer adalah orang yang memiliki ekonomi yang cukup baik, maka hendaknya jangan pamer properti anda (terutama yang berharga mahal). Terkadang sikap iri bisa menjadi malapetaka. Jadi bersikap sewajarnya saja.
– Sekali lagi, berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Agar kalian dilancarkan dalam performance, dinotice banyak orang, memenangkan lomba, dan mendapat tawaran job. Buktikan pada dunia bahwa cosplayer bukan hobi biasa.

Sekian tips dari saya. Terima kasih.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Cosplay dan tag , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke COSPLAY : TIPS ANTI COPET DI EVENT COSPLAY

  1. Ping balik: REPORT STATISTIK FEBRIMINATO (APRIL 2016) | A Diary of Minato

  2. Ping balik: COSPLAY EVENT : ANIME CULTURE (ANICULT) SURABAYA 2016 (TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA – 28-29 MEI 2016) | A Diary of Minato

  3. Ping balik: YUGIOH ARC V TAG FORCE SPECIAL : BOOSTER REVIEW ( VOL 1 – 3) | A Diary of Minato

  4. Ping balik: COSPLAY EVENT : CHOCODAYS 2016 (MARVELL CITY, 10 – 11 DESEMBER 2016) | A Diary of Minato

  5. Ping balik: COSPLAY EVENT : JAPANIVERSAL UNTAG 2017 (UNTAG SURABAYA – 30 APRIL 2017) | A Diary of Minato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s