YU-GI-OH : PENGERTIAN HAND TRAP DAN KEGUNAANNYA


yami yugi compilation

Image Source : www.yu-jyo.net/001/030.shtml

Mungkin kalian bertanya tanya apa itu Hand Trap. Itu adalah istilah yang mengacu pada effect effect monster (biasanya) yang bisa aktif di hand bila condition tertentu terpenuhi. Tentunya efek semacam ini lebih sulit ditebak dan lebih sulit dihancurkan (hanya saja perlu menjaga agar kartu itu tetap di tangan). Hand Trap telah ada sejak era Yugi Mutou (Kuriboh), mulai naik daun di era Yugioh GX dan hingga sekarang Konami memperbanyak jenis varian ini.
Berikut ini beberapa kartu yang merupakan hand trap favorit kebanyakan duelist (walapun saat ini hand trap kurang dilirik lagi, karena meta game sekarang yang mengedepankan konsistensi dan draw power) :

D.D. CROW
Ini dia kartu yang sangat berguna di meta game sekarang. Bertugas mengacaukan efek terutama kombo lawan yang bermula dari Graveyard. Pastikan timing saat menggunakannya.

– EFFECT VEILER
Sangat berguna di awal awal game (demi mencegah terbangunnya kombo musuh) tapi tak menutup kemungkinan juga berguna di mid ataupun late game. Biasanya sih untuk membatalkan efek dari Ignition efek (jarang jarang Veiler sudah di hand saat lawan mengaktifkan efek Trigger suatu monster). Sedikit bocoran, Effect Veiler adalah salah satu monster yang digunakan Yusei di anime loh.

– HONEST
Kartu pelindung milik Yusuke Fujiwara (YUGIOH GX) ini senantiasa menjaga masternya meski Yusuke terjebak dalam kegelapan. Efeknya bagiku sangat mengerikan. Dapat menentukan menang dan kalah, terutama dalam duel yang sengit. Jangan ragu untuk memasukkan kartu ini di dek bila anda menggunakan Chaos atau Light-type dek. Sedikit curhat, banyak kemenangan duelku di Dueling Network berkat kartu ini, so be honest pal !!!

– MAXX C
Kartu bianglala ini fungsi awalnya sebagai fasilitas Extra Draw kita. Tapi entah mengapa akhir akhir ini aktifasi Maxx C dianggap sebagai salah satu cara mencegah lawan melakukan swarming Special Summon secara ‘halus’. Iya kalau bisa OTK dengan Special Summon tersebut, bila tidak siap siap menghadapi combo lawan dengan hand yang pastinya plus plus tersebut. Oh ya Maxx C juga bisa menjadi senjata makan tuan yang bisa mengakibatkan Deck Out. Jadi tetap hati-hati.

– BATTLE FADER
Monster yang pernah digunakan oleh Raja Turbo Duel yaitu Jack Atlas. Dijamin lawan bakal tertipu bila kemenangan sudah di depan mata. Tapi juga pastikan kamu punya kartu pembalik keadaan di hand mu seperti Dark Hole agar Battle Fader tak berakhir sia sia sebagai tameng pasrah.

– TRAGOEDIA
Monster era Mesir Kuno yang muncul di manga Yugioh GX. Dengan efeknya, kita difasilitasi untuk melakukan counter atttack di next turn (dengan catatan turn ini selamat). Counter attack dengan Tragoedia ini menurut saya harus memiliki hand advantage dengan jumlah memadai. Counter attack bisa dilakukan dengan beater mode, atau mencuri monster lawan bila kondisi tercukupi, atau cukup melakukan manipulasi Level untuk melakukan Xyz Summon. Keputusan ada di tangan anda, yang pasti Tragoedia tetap salah satu favorit saya.

Pos Yugioh lainnya :

– GORZ, THE EMISARY OF DARKNESS
Kartu pilihan Yugi saat melawan anti deck miliknya di Yugioh R. Merupakan kartu yang sesuai dengan Yugi saat keadaan terdesak. Dua malaikat kegelapan, Gorz dan Kaien. Untuk mensummon kartu ini diperlukan kondisi fieldmu mutlak dalam kondisi kosong. Setelah sukses muncul, maka akan muncul 2 Monster yaitu Gorz dan Kaien yang notabene berperan sebagai beater (untuk Kaien, ATK nya tergantung besar damage yang diterima olehmu).

– SWIFT SCARECROW
Monster yang memiliki efek serupa dengan Battle Fader. Perhatikan timing saat menggunakannya !!

– BLACKWING – KALUT THE MOON SHADOW
Salah satu kebanggaan Crow Hogan. Merupakan mini Honest yang merupakan garansi kemenangan bagi pengguna dek Blackwing. Dengan kartu ini, Blackwing menjadi salah satu dek Killer yang sesuai bagi pemula bahkan hingga metagame saat ini.

– FLYING C
Garansi untuk mencegah combo ataupun setup untuk melakukan Xyz Summon. Jarang dipakai sih di meta game sekarang, karena meta game sekarang metode Summon lebih bervariasi sejak era Arc V. Tapi tetap kartu ini layak dicoba.

– DROLL AND LOCK BIRD
Lumayan untuk mencegah efek add/draw lawanmu yang bersifat berkesinambungan seperti Nekroz, Exodia, Bujin, dll. Ingat timing, jangan sampai kartu ini aktif karena terpancing aksi musuhmu.

– SWORDSMAN OF REVEALING LIGHT
Versi monster dari Sword of Revealing Light. Mampu mencegah direct attack 1 monster lawan sekaligus menghancurkannya bila ATK monster itu lebih rendah daripada DEF monster ini. Juga kartu ini bisa menfasilitasi Xyz Summon dengan memberikan ekstra efek bila monster ini dijadikan Xyz Material.

– GHOST OGRE AND SNOW RABBIT
Dari namanya kelihatan mengerikan padahal monster ini chibi banget. Aktivasi kartu ini selain bisa di hand juga bisa di field. Mengenai efeknya juga double, bisa menarget monster dan Spell/Trap (biasanya yang Continous). Monster ini juga Tuner dan memiliki tipe Pyshic, dengan attribute Light, memungkinkannya dicombo dengan Emergency Teleport. Sayangnya kartu ini tidak bersifat NEGATE, baca baik baik efeknya.

– DRIFTING GHOST AND WINTER BLOSSOM
Hampir sama dengan di atas. Namanya seram, monsternya Chibi. Juga kelihatannya monster ini masih ada kaitannya dengan Ghost Ogre dan Snow Rabbit. Mengenai efeknya, kartu ini bisa dijadikan siding dalam Mirror Match tertentu (Bujin, Burning Abyss, Constellar, dll). Tak menutup kemungkinan dia juga bisa digunakan dalam duel yang bukan Mirror Match (dengan asumsi Extra Deck kedua pemain memiliki staple seperti Dark Rebellion Xyz Dragon untuk Xyz Deck atau Black Rose Dragon untuk Synchro Deck). Zombie – Tuner – Dark, hmm, stat yang sangat menarik yang mana monster ini bisa bekerja maksimal di dek Zombie Synchro varian.

– KURIBOH’S FAMILY

kuri family

Image Source : yugioh.wikia.com/wiki/Kuri

Ya, hampir semua protagonis Yugioh selalu memiliki monster ini sebagai aibou. Atau paling tidak teman-temannya. Efeknya senantiasa melindungi masternya dari mara bahaya yang mengancam. Entah sudah berapa banyak keluarga Kuri yang telah dirilis. Yang pasti mereka selalu siap berkorban untukmu bila kamu membutuhkannya.

Sekian pembahasan Hand Trap yugioh dari saya. Get your game on !!!

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Yu-Gi-Oh, yugioh gx dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke YU-GI-OH : PENGERTIAN HAND TRAP DAN KEGUNAANNYA

  1. Ping balik: REPORT STATISTIK FEBRIMINATO (APRIL 2016) | A Diary of Minato

  2. Ping balik: YU-GI-OH : BREAKING THE RULES | A Diary of Minato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s