GOD EATER : ANTARA GAME DAN ANIME


GOD EATER : ANTARA GAME DAN ANIME

yuu kannagi and friends

yuu kannagi and friends

Source : https://youtu.be/tZn45ghzqo0

Anime God Eater baru saja sukses menamatkan 13 episodenya. Banyak kabar yang berkembang bahwa anime ini akan dilanjutkan lagi mengingat cerita yang belum selesai. Menurut saya, anime ini adalah pengantar dari game God Eater Resurrection dengan berbagai cerita dan elemen tambahan.

Biasanya antara anime dan adaptasi game nya memiliki jalan cerita yang sama. Namun beda dengan God Eater, berikut ini pembahasannya.

 

PERSAMAAN

  • Baik anime atau manga menceritakan seorang God Eater newbie yang menapaki karir hingga menjadi seorang Leader. (Lenka Utsugi / 1st Unit Leader / Yuu Kannagi)
  • Sejauh ini baik peran atau penggambaran tiap-tiap karakter di anime serupa dengan peran dan penggambaran di game.

Contoh : Lindow baik di anime atau game sama-sama menjabat sebagai 1st Unit Leader.

  • Memiliki alur cerita sama seperti di game, meski ada beberapa adaptasi.

 

PERBEDAAN

  • Lenka Utsugi ditampilkan sebagai seorang bad boy namun cerdas dan bertekad baja. Sementara Protagonis di game (meski tak berbicara sepatah kata pun) ditampilkan sebagai seorang yang kalem, sabar namun tetap intelijen. Ini juga bisa mengacu pada karakter Yuu Kannagi di manga.
  • Lenka Utsugi disini digambarkan pernah bertemu dengan Lindow yang mana menginspirasinya menjadi seorang God Eater, sementara Protagonis di game tidak diceritakan lebih lanjut hubungannya dengan Lindow di masa lalu.
  • Di game, hubungan Soma dan Eric relatif buruk sementara di anime Soma menganggap Eric sebagai teman, tercermin pada Soma yang secara langsung memanggil namanya.
soma and eric

dulu kita sahabat, teman begitu hangat…. tapi sekarang…

  • Di game, Eric ditampilkan sebagai seorang yang banyak omong kosong dan cenderung arogan sementara di anime ia ditampilkan sebagai sosok cool yang rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Lenka dari sergapan Ogretail.
  • Kostum Tsubaki Amamiya agak sedikit berbeda antara versi game dan anime.
  • Di anime terdapat scene saat Alisa bertempur dengan ratusan Aragami yang berbentuk mirip Sariel-Zygote, sesuatu yang tak terdapat di game.
battle at plane (alisa)

battle at plane (alisa)

  • Di anime Lindow diceritakan membuat suatu pemukiman untuk menampung orang-orang yang ditolak masuk Fenrir, sesuatu yang tidak diceritakan di game nya.
  • Dyaus Pita memperoleh porsi lebih di anime ini, ditampilkan lebih awal daripada versi game nya yang mendapat porsi setelah hilangnya Lindow.
  • Privthi Mata belum muncul di anime ini, padahal di game ia harusnya mendampingi Dyaus Pita.
  • Pertarungan death match antara Lindow dan Dyaus Pita tidak dilakukan di gereja (mungkin sengaja tidak diangkat ke anime karena adanya unsur agama) yang mana di anime dilakukan di hutan dekat pemukiman penduduk.
  • Dyaus Pita berhasil dibunuh hanya beberapa saat setelah kematian Lindow (di versi anime) sementara di game membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membunuhnya. (kalau di anime, Lenka sih God Arc nya kuat banget).
  • Di game, God Arc si Protagonis akan mengalami kerusakan parah akibat menahan serangan Hannibal sementara di anime God Arc Lenka mengalami kerusakan akibat serangan dahsyat Dyaus Pita.
  • Di anime terdapat Operasi Meteor untuk mengumpulkan core dari Aragami Tipe Besar, hal yang tidak didapati di game nya.
  • Di game, kemesraan (??) antara Protagonis dan Alisa terjadi saat Alisa dalam masa pemulihan trauma pasca kematian Lindow yang sedikit banyak disebabkan kecerobohan Alisa sementara di anime, kemesraan ini terjadi paska Alisa dan Lenka terluka berat akibat serangan Dyaus Pita. Di akhir anime, Alisa bahkan sempat sempatnya menjahit rompi hijau milik Lenka yang dipinjamnya.
alisa and lenka

mata dibalas mata…co..cok

  • Di anime, rencana Ark Project telah diketahui oleh Paylor secara Johaness sendiri yang mengabarkannya sementara di game bahkan Paylor tidak mengetahui bahwa Ark Project adalah project yang bersembunyi di balik kedok Aegis Project.

 

Yah mungkin kalian ada yang bisa menambahkan. Sekian dan Terima kasih.

N.P. : Sebagian besar gambar diambil secara screenshot dari anime God Eater yang telah disub-indo oleh Samehadaku.

Situs tentang God Eater lainnya ini nih www.godeaterparadise.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di God Eater dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke GOD EATER : ANTARA GAME DAN ANIME

  1. Ping balik: REPORT STATISTIK FEBRIMINATO (MEI 2016) | A Diary of Minato

  2. Anonim berkata:

    Yuu x Alisa ftw..

    Disukai oleh 1 orang

  3. febriminato berkata:

    wkwkw… iya iya … alisa sama saya aja deh…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s